Selasa, 29 Mei 2012

Silabus Pengembangan dan inovasi kurikulum PAI




Slide1            PAI TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATULULAMA
(STAINU) KEBUMEN
STATUS TERAKRIDITASI (B)
   SK Badan Akriditasi  Nasional Dikti No. 011/BAN-PT/Ak-X/S.1/VIII/2006
Alamat: Jl Tentara Pelajar No. 55 B Telp./ Fax. (0287) 385902 Kebumen

SILABUS PERKULIAHAN
Program Studi                    :  PAI
Mata kuliah                       :  Pengembangan & Inovasi Kurikulum PAI
SKS                                 :  Teori   3 SKS
Semester                          :  IV
Dosen Penganmpu             :  Dr. H. Rahmat Raharjo Syatibi, M.Ag.

I.         Deskripsi Mata Kuliah
 Dalam perkuliahan ini dibahas konsep manajemen pengembangan & inovasi kurikulum  yang meliputi hakekat kurikulum , landasan dan pendekatan pengembangan kurikulum , prosedur pengembangan kurikulum , pengembangan kurikulum  PAI, pengembangan silabus , Pengembangan RPP , penilaian hasil belajar, evaluasi kurikulum , dan pengembangan kegiatan ekstra kurikuler , manajemen penyempurnaan pendukung dan penghambat PAI

 
 






II.          Kompetensi Mata kuliah
1.      Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang konsep dasar Kurikulum PAI
2.      Mahasiswa memiliki pengetahuan tentang alur pemikiran pengembangan & inovasi kurikulum PAI
3.      Mahasiswa memiliki pengetahuan dasar-dasar pengembangan & inovasi  kurikulum PAI
4.      Mahasiswa memiliki pengetahuan konsep dasar pengembangan kurikulum PAI
5.      Mahasiswa memiliki keterampilan mengembangkan kurikulum PAI  (Silabus dan RPP) secara contextual.








 
 







III.        Tujuan Mata kuliah
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan dan menerapkan pengembangan kurikulum  secara kontekstual, melaksanakan kurikulum , dan mengevaluasi pelaksanaan kurikulumPAI dalam rangka pengembangan kurikulum PAI secara berkelanjutan.







 
 









IV.         Strategi  Perkuliahan
(Beri tanda ΓΌ )
A.   Tatap muka:                    
¨ Kuliah tatap muka
¨ Diskusi
¨ Presentasi
¨ Seminar
¨ Lain-lain: ……………………………………………………………….
B.   Non tatap muka:
¨  Tugas mandiri
¨ Tugas kelompok
¨ Lain-lain : …………………………………………………………………


 
 










V.           Buku Sumber  (Referensi)

1.      Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional,
2.      Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 tentang ,Standar Nasional Pendidikan,
3.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006  tanggal 23 Mei 2006, Standar Isi, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
4.    Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2006 tanggal 23 Mei 2006, Standar Kopetensi Lulusan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
5.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 24 Tahun 2006 tanggal 23 Tahun 2006, Standar Isi,  Standar Kopetensi Lulusan, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2006.
6.      Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 41 Tahun 2007 tanggal 28 Juni Tahun 2007, Standar Prosesn, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, 2007.
7.        Dakir, Perencanaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta: PT. Remaja Cipta, 2004.
8.        Khaerudin dkk, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah, Yogyakarta: Nuansa Aksara, 2007.
9.        Ladjid, Hafni, Pengembangan Kurikulum Menuju Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta Quantum Teaching, cet. ke 1, 2005.
10.    Muhaimin, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam diPAI Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo, 2005.
 

11.      Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004.
12.       Mulyasa, E, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007.
13.    Rahmat Raharjo, Inovasi Kurikulum PAI, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Yogyakarta: Magnun, 2010
14.     Sukmodinata, Nana Syaodih, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, Bandung: Remaja Rosdakarya,2005.
15.     Muhamin, et.al, Paradigma Pendidikan Islam, Upaya Mengefektifkan      Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001.
16.     Asep Herry Hernawan, dkk, Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta:Universitas Terbuka, 2008.

 
 



































VI.         Penilaian
No.
Jenis Tagihan
Bobot (%)
1
Kehadiran, presentasi, dan partisipasi dalam kuliah
20%
2
Tugas terstruktur
20%
3
Ujian Tengah Semester
20%
4
Ujian Ahir Semester
40%
5
Lain-lain

Jumlah
            100%


VII.     Model Perkuliahan.

1.      Perkuliahan dilakukan 12 kali pertemuan.
2.      Pertemuan pertama bersifat pengantar dari dosen pengampu, dan membagi tugas mahasiswa untuk membuat makalah sebagai bahan diskusi dalam kelas.
3.      Makalah dibuat seperti Skripsi (mini Skripsi) mulai Pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan, kegunaan), Isi, Penutup (kesimpulan), dengan menggunakan catatan kaki, dibuat seperti buku, dan minimal 30 halaman.
4.      Makalah harus sudah diserahkan pada dosen pengampu dan dibagikan kepada semua rekan-rekan mahasiswa satu minggu sebelum dilakukan pembahasan dalam perkuliahan.
5.      Perkuliahan ke dua s/d ke sepuluh diskusi kelas dengan membahas topik-topik yang telah ditentukan.
6.      Bila dosen berhalangan hadir, maka akan diganti pada hari yang lain.


VIII.    Kegiatan Perkuliahan
Pertemuan/
MInggu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Strategi Perkuliahan
Sumber Bahan  (Texbook/Referensi)
1
Menjelaskan pengertian, peranan dan fungsi kurikulum  PAI

Hakekat Kurikulum
(Pengertian, peranan dan fungsi kurikulumPAI )

Presentase
Diskusi
Ceramah
1, 2, 8, 11, 12. 13,14,15.
2
Menjelaskan dan mengidentifikasi berbagai pendekatan dalam pengembangan kurikulum  PAI
Landasan dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum  PAI
Presentase
Diskusi
Ceramah
8,9,10,11,12,13,14.
3
Menjelaskan langkah-langkah dan menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum  PAI
Prosedur Pengembangan Kurikulum   PAI
Presentase
Diskusi
Ceramah
8,9,10,11,12,13,14,15.
4
Menganalisis dan mengidentifikasi tahapan, keterterapan prisip-prinsip, keterlibatan unsur-unsur pengembang, dan muatan lokal dalam mengembangkan kurikulum  PAI
Pengembangan Kurikulum PAI (KTSP)
Presentase
Diskusi
Ceramah
9,10,11,12.
5
Mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar  PAI secara kontekstual.

Mengembangkan silabus PAI
Presentase
Diskusi
Ceramah
4,5,6,9,10,11,12.
6
Menjelaskan Pengertian, tujuan dan fungsi pendidikan karakter;  Nilai-nilai kerakter yang dikembangkan; Grand desain pendidikan karakter

Mengintegrasikan Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Kurikulum PAI
Presentase
Diskusi
Ceramah



7

\
Menjelaskan hubungan kurikulum dengan pembelajaran, dan langkah-langkah pengembangan RPP yang kontekstual.


Mengembangkan RPP PAI



Presentase
Diskusi
Ceramah


7,8,10,13,14,16.
8
Menjelaskan langkah-langkah penilaian yang dimulai menyusun soal sam menganalisa hasil penilaian dan tindak lanjut.
Penilaian hasil belajar PAI

Presentase
Diskusi
Ceramah

9
Menganalisa pelaksanaan kurikulum berdasarkan efektifitas pembelajaran dengan melakukan pengembangan berkelanjutan.
Evaluasi Kurikulum PAI

Presentase
Diskusi
Ceramah
9,10,11,12.
10
Menjelaskan tujuan, perbedaan, dan hubungan anatara ekstra kurikuler dengan kurikuler serta merancangnya didasarkan faktor yang mempengaruhi keberhasilan.
Pengembangan Ekstra kurikuler PAI

Presentase
Diskusi
Ceramah
16
Kebumen,  06 Maret 2012 
Dosen Pengampu

Dr. H. Rahmat Raharjo Syatibi, M.Ag.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar