PAI TINGGI AGAMA ISLAM NAHDLATULULAMA
(STAINU) KEBUMEN
STATUS TERAKRIDITASI (B)
SK
Badan Akriditasi Nasional Dikti No.
011/BAN-PT/Ak-X/S.1/VIII/2006
Alamat: Jl Tentara
Pelajar No. 55 B Telp./ Fax. (0287) 385902 Kebumen
SILABUS PERKULIAHAN
Program
Studi : PAI
Mata
kuliah : Pengembangan & Inovasi
Kurikulum PAI
SKS : Teori 3 SKS
Semester : IV
Dosen
Penganmpu : Dr. H. Rahmat Raharjo Syatibi, M.Ag.
I.
Deskripsi Mata Kuliah
|
II.
Kompetensi Mata kuliah
|
III.
Tujuan Mata kuliah
|
IV.
Strategi
Perkuliahan
|
V.
Buku Sumber
(Referensi)
|
||||
|
VI.
Penilaian
No.
|
Jenis Tagihan
|
Bobot (%)
|
1
|
Kehadiran,
presentasi, dan partisipasi dalam kuliah
|
20%
|
2
|
Tugas
terstruktur
|
20%
|
3
|
Ujian
Tengah Semester
|
20%
|
4
|
Ujian
Ahir Semester
|
40%
|
5
|
Lain-lain
|
|
Jumlah
|
100%
|
VII.
Model Perkuliahan.
1.
Perkuliahan dilakukan 12 kali
pertemuan.
2.
Pertemuan pertama bersifat
pengantar dari dosen pengampu, dan membagi tugas mahasiswa untuk membuat
makalah sebagai bahan diskusi dalam kelas.
3.
Makalah dibuat seperti Skripsi
(mini Skripsi) mulai
Pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penulisan,
kegunaan), Isi, Penutup (kesimpulan), dengan menggunakan catatan kaki, dibuat seperti
buku, dan minimal 30 halaman.
4.
Makalah harus sudah diserahkan
pada dosen pengampu dan dibagikan kepada semua rekan-rekan mahasiswa satu minggu sebelum dilakukan
pembahasan dalam perkuliahan.
5.
Perkuliahan ke dua s/d ke sepuluh
diskusi kelas dengan membahas topik-topik yang telah ditentukan.
6.
Bila dosen berhalangan hadir,
maka akan diganti pada hari yang lain.
VIII. Kegiatan
Perkuliahan
Pertemuan/
MInggu
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Strategi Perkuliahan
|
Sumber Bahan
(Texbook/Referensi)
|
1
|
Menjelaskan pengertian, peranan dan fungsi kurikulum PAI
|
Hakekat Kurikulum
(Pengertian, peranan dan fungsi kurikulumPAI )
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
1, 2, 8, 11, 12. 13,14,15.
|
2
|
Menjelaskan
dan mengidentifikasi berbagai pendekatan dalam pengembangan kurikulum PAI
|
Landasan dan Pendekatan Pengembangan
Kurikulum PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
8,9,10,11,12,13,14.
|
3
|
Menjelaskan langkah-langkah
dan menerapkan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum PAI
|
Prosedur Pengembangan Kurikulum PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
8,9,10,11,12,13,14,15.
|
4
|
Menganalisis
dan mengidentifikasi tahapan, keterterapan prisip-prinsip, keterlibatan
unsur-unsur pengembang, dan muatan lokal dalam mengembangkan kurikulum PAI
|
Pengembangan Kurikulum PAI (KTSP)
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
9,10,11,12.
|
5
|
Mengembangkan Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar PAI secara kontekstual.
|
Mengembangkan silabus PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
4,5,6,9,10,11,12.
|
6
|
Menjelaskan Pengertian, tujuan dan fungsi pendidikan
karakter; Nilai-nilai kerakter yang
dikembangkan; Grand desain pendidikan karakter
|
Mengintegrasikan
Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Kurikulum PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
|
7
|
\
Menjelaskan
hubungan kurikulum dengan pembelajaran, dan langkah-langkah pengembangan RPP
yang kontekstual.
|
Mengembangkan RPP PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
7,8,10,13,14,16.
|
8
|
Menjelaskan
langkah-langkah penilaian yang dimulai menyusun soal sam menganalisa hasil
penilaian dan tindak lanjut.
|
Penilaian hasil belajar PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
|
9
|
Menganalisa
pelaksanaan kurikulum berdasarkan efektifitas pembelajaran dengan melakukan
pengembangan berkelanjutan.
|
Evaluasi Kurikulum PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
9,10,11,12.
|
10
|
Menjelaskan
tujuan, perbedaan, dan hubungan anatara ekstra kurikuler dengan kurikuler
serta merancangnya didasarkan faktor yang mempengaruhi keberhasilan.
|
Pengembangan Ekstra kurikuler PAI
|
Presentase
Diskusi
Ceramah
|
16
|
Kebumen, 06 Maret 2012
Dosen
Pengampu
Dr.
H. Rahmat Raharjo
Syatibi, M.Ag.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar