Kamis, 26 April 2012

Lanjutan Akhlak…..

Lanjutan Akhlak…..

adam maulana

12 03 2011 Disamping Akhlak kepada Allah, Akhlak kepada Sesama, Akhlak kepada Diri Sendiri,Akhlak kepada Lingkungan,Akhlak kepada Negara, dan ada juga Akhlak kepada Nabi Muhammad SAW.
Sebagai muslim, kita harus berakhlak kepada Rasulullah Muhammad SAW meskipun beliau sudah wafat, dan kita tidak pernah berjumpa, namun keimanan kita harus benar-benar ditananmkan secara mantap dan mendalam, kita harus beriman kepadanya yang berarti kita berakhlak kepadanya. Sama dengan kita iman kepada Allah SWT membuat kita harus berakhlak kepadaNya. Meskipun demikian, akhlak baik kepada Rasulullah pada masa sekarang tidak bisa kita mengejawantahkan dalam bentuk lahir; jasmaniah secara langsung sebagaimana para sahabat Nabi Muhammad SAW telah melakukannya. Kita berakhlak kepada Rasulullah SAW bisa diwujudkan dengan;
1. Ridla beriman kepada Rasulullah; iman kepada Rasulullah SAW merupakan salah satu bagaian dari Rukun Iman, keimanan akan terasa menjadi nikmat dan ladzat manakala kita memiliki rasa ridla dalam keimanan sehingga membutikan konsekwensi iman merupakan sesuatu yang menjadi kebutuhan. Karenannya membuktikan keimanan dengan amal shaleh merupakan bukan suatu beban yang memberatkan, begitulah memang bila kita sudah ridla. Ridla dalam beriman kepada Rasulullah inilah sesuatu yang harus kita tancapkan dalam hati yang tulus dan kita nyatakan dalam pola laku kehidupan.
2. Mencintai dan Memuliakan Rasulullah SAW; Keharusan yang harus kita tunjukkan dalam akhlak kepada Rasulullah adalah mencintai “Hubb” setelah kecintaan kita kepada Allah SWT. Penegasan bahwa kita harus mencintai Rasulullah adalah merupakan bentuk totalitas keimanan, karena Rasulullah yang membawa petunjuk dari Allah SWT. Disamping itu, manakala seseorang yang telah menyatakan atau mengaku sudah beriman tetapi lebih mencintai yang lain melebihi cintanya kepada Allah SWT dan Rasulullah, maka Rasulullah tidak mau mengakui sebagai umatnya yang beriman.
3. Mengikuti dan Mentaati; Mengikuti dan mentaati Rasulullah adalah merupakan sesuatu yang bersifat mutlak bagi orang-orang yang beriman. Karenanya, ini merupakan bagian yangsangat penting dari akhlak kepada Rasulullah, bahkan Allah SWT akan menempatkan orang yang mentaati Allah SWT dan Rasulullah kedalam derajat yang tinggi dan mulia.
4. Mengucapkan shalawat dan Salam kepada Rasulullah; Allahumma shalli’ala sayidina Muhammad, ini adalah bentuk ucapan yang sangat baik untuk pujian dan sanjungan kepada Rasulullah, tentunya supaya kita mendapat Syafa’at di hari kemudian; Kiamat.
5. Menghidupkan Sunnah Rsulullah; kepada umatnya, Nabi Muhammad SAW tidak mewariskan harta yang banyak dan melimpah tetapi yang diwariskan adalah Al-Qur’an dan As-sunah, karena itu umat Islam yang berakhlak baik kepadanya akan selalu berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan As-sunah agar tidak sesat, baik di dunia maupun di akhirat.
6. Menghormati Pewaris Rasulullah; berakhlak baik kepada Rasulullah juga berarti harus menghormati para pewarisnya; yakni para Ulamayang konsisten dalam berpegang teguh kepada nilai-nilai Islam, mereka tentunya takut kepada Allah SWT dengan sebab ilmu yang dimilikinya.
7. Melanjutkan Misi Rasulullah; Misi Rasulullah adalah menyebarluaskan dan menegakkan nilai-nilai Islam. Tugas yang mulia ini harus dilanjutkan untuk dida’wahkan oleh kaum Muslimin, karena Rasulullah telah wafat dan Allah SWT tidak akan mengutus lagi seorang Rasul. Demikian hal-hal yang harus kita cermati, dalami, kaji, dan lakukan secara tertib dan baik serta mematri kedalam hati sanubari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar